WELCOME

selamat datang di duniaku..
kalau membaca blogku jangan bingung ya..
nikmati saja setiap keanehan yang ada..^^

Fia

Senin, 09 Mei 2011

STATISTIK DAN KEHIDUPAN. part1

aku sempet iseng2 nanya keteman di universitas lain:

fia: "matkul apa yg paling serem menurut kalian?"
teman:(tanpa mikir panjang)" STATISTIK"
fia: "huaa. masa sih?"
teman: "gimana ga serem, tuh matkul udah kerjaannya angka-angka semua, ribet pula ngerjainnya plus dosennya yg udah tua n ga keren, kerjaannya ngasi tugas ribet seabrek"..
fia: "hem,, gitu ya!" (lemes..)

hem, potongan percakapan itu memang benar.
trus klo ditanyain orang:
orang:"kuliah dimana?"
fia:"SEKOLAH TINGGI ILMU STATISTIK "
orang:"weess.. serem amat namanya, statistik"
fia:"ah, biasa aja dong!"

hem,itu yg sering terjadi kalo aku nyebutin almamaterku.
ga tau tempat kuliahku yg serem atau akunya yang serem.
tp, ah g deh, akukan imut-imut (jiaaaa. narsizzzzzzzzz)

statistik, banyak orang klo denger kata yang satu ini langsung nge-link ke persepsi "serem, penuh angka-angka aja, sampe-sampe orang2 statistik itu mukanya kayak sigma atau angka semua (tapi klo aku mukanya ga kayak angka, tapi kayak kalkulator,,jiaa lebih parah)".ckck

emang seserem apasih statistik itu??
jadi penasaran pengen tau.. (heaaa, padahal tiap hari juga udah sparing dengan statistik)

oke, klo orang-orang pada serem dengan disiplin ilmu ini, sedangkan aku bergelut didalamnya semoga mereka ga ngeliat aku serem.
so, biar orang-orang ga berpersepsi klo aku itu serem, aku buat aja tulisan ini.

tulisan-tulisan ini cuman hasil pemaknaanku aja mengenai statistik.
klo sebenarnya statistik itu tidak seseram yang dipikirkan mereka. (padahal emang serem, aku aja yg udah bersahabat tiap hari masih ngerasa..hehehe, ga bagian ini di sensor ya.)

oh ya, sampe kehilangan fokus gini.
udah baca judul tulisan ini kan?
klo belum balik keatas lagi deh...:D
"STATISTIK DAN KEHIDUPAN"
yup. pada tulisan ini aku akan memaparkan klo statistik itu sebenarnya ilmu yang sangat erat dengan kehidupan, apalagi klo kita bisa ngambil makna didalamnya.
klo untuk "part1" itu, mungkin aja nanti bakal keluar part2 nya.:)

STATISTIK=ANGKA
coba deh, pikir klo mau tau berapa umur seseorang itu kita mengunakan apa?
pasti kita bakal nanya "berapa" umur kamu? atau klo cerdik dikit nanya ttl-nya aja.
nah, kata "berapa" ini selalu identik dengan angka, bukan?
apa ya, hal didunia ini yang ga berkaitan dengan angka?(*mikir)
bagaimana dgn "persahabatan, cinta, kasih sayang, keyakinan, kasih sayang, kenikmatan, bla-bla.bla-bla?"
hem, urusan-urusan hati yang katanya g bisa diukur itu bisa dibuat angkanya juga loh?






coba deh,
"berapa sahabatmu?"
"klo dikasi skala 1-10, kamu sayang sama orang tuamu pada skala berapa?"(syarat dan ketentuan: 1 kecil, 10 sangat besar)
dan, bla-bla.bla-bla
nah, liatkan semuanya bisa diangkain..

ah, udah pada bosan deh kayaknya ngebaca tulisanku ttg statistik ini.
ya udah, aku juga udah rada bosan nulis nih.

tapi, aku cuman mau ngomong klo kita mengaitkan statistik dengan kehidupan, maka kita bisa memaknai hidup lebih baik dan lebih dalam.
oke, berikut beberapa istilah dalam statistik yang bakal aku bahas nantinya:
"standar deviasi/ standar error, tingkat signifikansi (alfa), kurva normal, regresi, dll"

semoga bisa seneng dgn statistik ya..
g juga gpp, cz klo semua udah seneng dgn statistik aku g ada kerjaan dong.hehe


salam sukses n happy.

fia
(jakarta, 9 mei 2011, statistik for life)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar